Jumat, 25 Agustus 2017

Tutorial Install Netbeans Wangsit - Berguru Pemrograman Java Untuk Pemula

Tutorial Install Netbeans Wangsit - Berguru Pemrograman Java Untuk Pemula

Selamat pagi sahabat gudang coding, bagai mana kabarnya? biar sehat selalu ya, pada kesempatan kali ini gudang coding akan menyebarkan warta mengenai pemrograman aplikasi berbasis desktop yaitu pemrograman Java memakai Netbeans. Berbicara mengenai Java, kita bahu-membahu membicarakan ihwal dua hal yang saling berkaitan. Yang pertama yaitu Java sebagai bahasa pemrograman dan Java sebagai platform pengembangan aplikasi. Di episode Java ini kita akan berguru mengenai Java sebagai bahasa pemrograman, kita akan berguru bagaimana menulis arahan Java dengan benar tanpa ada kesalahan sintaks, dan apa-apa saja yang diharapkan untuk berguru pemrograman java untuk pemula.

Bahasa pemrograman Java pada awalnya dibentuk oleh James Gosling pada tahun 1995 sebagai episode dari Sun Microsystem Java Platform. Sintaks Java banyak diturunkan dari C dan C++ tetapi lebih sederhana, ketat dan memiliki jalan masuk ke OS yang lebih terbatas. Hal ini alasannya Java ditujukan sebagai bahasa pemrograman yang cukup sederhana untuk dipelajari dan gampang dibaca.



Baiklah sebelum kita melangkah jauh dalam berguru pemrograman java untuk langkah awal yaitu tahap persiapan software-software yang diharapkan dalam pembuatan aplikasi java, untuk berguru Pemrograman Java, kita diwajibkan untuk mempersiapkan apa-apa saja yang diharapkan untuk berguru pemrograman java. Disini kami memakai OS(Operating System) Windows.

Yang diharapkan yaitu :
1. Install JDK (Java Development Kit)
2. Install Netbeans IDE

Catatan :
Untuk menginstal kedua aplikasi tersebut, pembaca harus menginstall JDK terlebih dahulu, jika tidak, pembaca tidak akan dapat menginstall Netbeans IDE. Setelah menginstall JDK, gres pembaca menginstall Netbeans IDE. Untuk menginstall Netbeans IDE, sesuaikan menginstall versi Netbeans IDE sesuai dengan versi JDK yang pembaca install tadi.

A. Menginstall JDK(Java Development kit)
1. Pertama Silahkan anda unduh sofrware JDK di http://www.oracle.com/us/downloads/
2. Setelah Anda akibat men-download JDK(Java Development Kit), silahkan anda instal JDK tersebut menyerupai biaya



3. Kemudian klik “Accept”, maka akan tampil menyerupai pada gambar berikut :



4. Setelah itu, klik Next >> dan Next hingga tampil tombol finish, dan klik tombol
finis tersebut.

B. Instalasi NetBeans

1. Unduh Software Netbeans di http://www.oracle.com/us/downloads/
Catatan : ingat, alasannya disini penulis memakai JDK 7, maka penulis jg harus memakai Netbeans IDE versi 7 juga. Terserah versi 7 yang pembaca akan gunakan. Bisa memakai versi 7.0, dapat 7.2, dan seterusnya.
2. Selanjutnya, Install Netbeans yang sudah anda unduh tadi dengan cara double-Click file Netbeans IDE tersebut.

3. Tunggu configurasi hingga 100%, kemudian klik next.

4. Centang kotak disamping goresan pena “I accept the terms in the….” Dan kemudian klik next.

5. Lakukan hal yang sama menyerupai langkah sebelumnya

6. Pilih direktori dimana anda akan menginstall netbeans, kemudian klik next.


7. Pilih direktori untuk menginstal glassfish 3.1.2.2 (samakan dengan direktori sebelumnya), Lalu klik next.

8. Klik install

9. Tunngu hingga proses instalasi selesai, kemudian klik next.

10. Klik finish

Proses instalasi telah selesai, netbeans IDE siap digunakan. Untuk langkah selanjutnya, silahkan anda lihat tutorial berikutnya
Sekian tutorial “Tutorial Install Netbeans IDE - Belajar Pemrograman Java Untuk Pemula” dari saya, biar bermanfaat, dan ma’af jika ada kekurangan dalam penulisan ini. biar bermanfaat bagi kita semua.

Theme By Hindi Blog

0 Comments: